Senin, 06 Februari 2012

Mengakali Anti Executable

Anda tahu software Anti Executable dari Faronics? Ya itu adalah sebuah software untuk membatasi penggunaan user.
Biasanya software ini sangat membantu untuk komputer2 yg di share untuk umum. Contoh seperti warnet, komputer untuk akses informasi seperti dikampus2 dan sekolahan2.

Software ini mencegah para user yang ingin menginstal sebuah program executable kedalam komputer. Biasanya software ini selalu bersanding dengan DeepFreeze, karena dengan paduan dua software ini komputer anda akan aman dari tangan2 jahil yang ingin mengoprek2 system anda.

Tapi seperti system security lainnya, semua pasti ada celahnya alias kelemahan. Kalau anda terus berusaha untuk belajar pasti tidak ada yang tidak bisa.
Biasanya untuk membobol sebuah security anda harus mengetahui system kerjanya dulu, dengan begitu anda akan tahu kelemahannya, dan anda bisa menggunakannya untuk melumpuhkannya.
Pada dasarnya Anti Executable hanya memproteksi dari file executable yang berada pada directory drive dengan letter C:\ D:\ E:\ dsb.

Jadi prinsipnya jika anda membuka sebuah file executable selain dari drive letter2 tersebut maka dipastikan akan berfungsi.
Jadi dengan prinsip ini saya akan mengakali Anti Executable dengan mengganti drive letter menggunakan my network place (sebuah directory dg menggunakan alamat ip) intinya sama2 membuka isi/file dari folder yang sama tapi kita disini agak berputar2 untuk menuju file tersebut.
Sebelum kita menuju langkah2nya saya jelaskan sediit disini bahwa celah ini juga mempunyai kelemahan. Yaitu hanya bisa digunakan pada komputer yang mempunya koneksi, koneksi yang saya maksudkan bukan koneksi internet, tapi koneksi LAN dari komputer satu ke komputer yang lain.

Dan karena saya berpikir biasanya kan komputer2 yang dipasangi Anti Executable biasanya adalah komputer yang terkoneksi satu sama lain dan yang digunakan untuk umum, contoh: warnet, komputer2 dikampus, sekolahan, kantor.


Sekarang langsung ke TKP:
  1. Anda harus mengetahui alamat ip komputer yang anda gunakan terlebih dahulu. dengan cara masuk ke command prompt (cmd) untuk membuka cmd anda bisa dari menu windows> run> ketik cmd enter. atau bisa dari menu windows> all programs> accessories> command prompt.Kalau masih gk menemukan menu seperi itu juga (karena komputer2 yg digunakan untuk umum memang biasanya menu2nya ada yang disembunyikan) anda bisa membuka cmd secara manual dengan mendouble klk file ini C:\WINDOWS\system32\cmd.exe
  2. ketikkan command pada cmd seperti ini "ipconfig/all" tentunya tanda kutipnya tidak perlu diikutkan. setelah mengetikkan command tersebut anda akan menemukan alamat IP address anda
  3. Buatlah sebuah shortcut (klik kanan> new shortcut) dan isi target dengan ip anda contoh dengan IP saya: \\192.168.2.3 (ingat kasih tanda 2 garis miring didepan IP) atau kalau anda lewat windows explorer masuk aja ke My Network Place kemudian cari IP anda tadi disitu.
  4. Sebelum anda masuk atau mendoble klik shortcut yang telah anda buat tadi, alangkah baiknya sebaiknya anda menshare folder anda yang berisikan file executable yang akan anda gunakan. dengan cara klik kanan pada folder lalu pilih sharing and security kemudian centang share this folder dan centang allow network. Saran saya sih daripada repot2 share folder mendingan langsung copy aja file ke sebuah folder yang udah di share. biasanya berada di C:\Documents and Settings\All Users\Documents pilih salah satu folder, entah Shared Music (folder My Music) Shared Pictures (folder My Pictures) dll.
  5. Jalankan shortcut yang anda buat tadi, cari file executable anda pada folder yang sudah anda share atau anda taruh di dalam folder yang telah dishare. Jalankan file tersebut dan sukses!!! :D

Note:
saat artikel ini dibuat cara ini masih bisa digunakan, entah belum tahu kalau besok2 faronics menemukan cara lain/mengubah system kerjanya pada versi yang lebih baru, sehingga trik ini banned. Trik ini dijamin 99,99% berhasil pada software portable. Kalau untuk software yang harus melakukan instalasi, belum tahu juga, ada yang bisa, ada yang kagak. Tergantung keberuntungan anda :D

lebih baik mencoba sendiri agar anda lebih tahu dan berpengalaman, be the first! oke ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar